Cari Artikel

Loading

WikiLeaks 'Bunuh' Osama ?

WikiLeaks
Operasi militer rahasia tentara Amerika Serikat yang berujung pada kematian Osama bin Laden disinyalir tidak lepas dari campur tangan WikiLeaks. Situs whistle blower itu disebut-sebut menjadi alasan AS bergerak lebih cepat untuk ‘melumpuhkan’ tokoh teroris nomor satu dunia.


Tech Eye melansir, Kamis (5/5/2011), salah satu informasi kawat yang bocor ke WikiLeaks mengindikasikan bahwa AS sebenarnya telah mendapat petunjuk jika selama ini Osama bersembunyi di wilayah Abbottabad, Pakistan.


Sebuah dokumen dari tahun 2008 yang dirilis Wikileaks terdapat catatan dari proses interogasi seorang warga Libya, Abu al-Libi, yang ternyata pernah berhubungan dengan Osama di Afghanistan.

Ketika dirinya diminta menjadi salah satu pengantar pesan Osama pada 2003, Libi tengah tinggal di Peshawar, Pakistan. Osama meminta Libi berperan sebagai pengantar pesan antara dirinya dengan rekan-rekan lain di wilayah Pakistan.
Pada pertengahan 2003, Osama memindahkan keluarganya ke Abbottabad untuk kemudian bekerja di wilayah itu dan Peshawar.

Libi ditangkap di Pakistan pada 2005 dan akhirnya dipindahkan ke Guantanamo. Organisasi intelejen AS CIA mengklaim telah mengawasi gerak-gerik Osama dengan menyelidiki jaringan para kurir.

Menurut harian Inggris Guardian, jika Osama melihat laporan yang bocor itu di WikiLeaks, pimpinan Al Qaeda itu tentu akan langsung menyadari bahwa CIA hampir menemukan tempat tinggalnya. Oleh karena itu, militer AS disinyalir mempercepat operasi rahasianya sebelum Osama menyadari rencana mereka.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar