Cari Artikel

Loading

Osama Terlacak Karena Takut Teknologi

Osama
Tempat tinggal mewah Osama bin Laden ditaksir bernilai USD 1 juta. Namun di dalamnya, ternyata sama sekali tidak ada perangkat komunikasi. Tidak ada internet ataupun telepon. Ketakutan Osama pada teknologi ini malah berujung pada kematiannya.

Spekulasi selama bertahun-tahun menyebutkan kalau pimpinan Al Qaeda itu tinggal di lingkungan dengan kondisi keras. Namun rupanya ia memilih berdiam di sebuah mansion yang terletak di kota Abbottabad, Pakistan.

Osama tak memasang telepon ataupun layanan internet di kediamannya. Menurut keterangan pihak Amerika Serikat, ia takut kalau perangkat itu membuatnya terdeteksi via penyadapan elektronik. Namun justru karena ketakutan itulah, Osama terlacak keberadaannya.


Sebab, absennya perangkat komunikasi dasar di rumah mewah ini rupanya menimbulkan kecurigaan tersendiri bagi militer AS. Seorang sumber internal menyebutkan, adalah sesuatu yang janggal jika ada properti senilai USD 1 juta, tapi tidak ada telepon atau internet di sana.


"Analis intelijen menyimpulkan tempat ini sengaja dibangun untuk menyembunyikan seseorang yang penting," katanya, dilansir Reuters, Selasa (3/5/2011). Intelijen pun yakin orang itu adalah Osama bin Laden, setelah menganalisis petunjuk petunjuk lain.

Amerika Serikat sendiri juga turut mengandalkan aset di lembaga teknologi tingginya untuk melacak lokasi Osama. Di antaranya adalah National Geospatial-Intelligence Agency (NGA) dan National Security Agency (NSA)

Melalui satelit NGA, dapat direka-reka seperti apa detail bangunan persembunyian Osama. Sedangkan NSA bertanggungjawab melacak dan mengawasi komunikasi di seluruh dunia untuk memburu Osama.

Pada akhirnya, upaya mereka berhasil. Osama bin Laden telah dinyatakan tewas oleh pemerintah AS.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar