Cari Artikel

Loading

Koleksi Data Ilegal, Kantor Google Digerebek

Kantor Google di Seoul, Korea Selatan, digerebek oleh polisi setempat. Aparat menengarai unit mobile advertising Google AdMob mengoleksi data lokasi user smartphone secara ilegal.

Pihak berwajib yakin Google mengoleksi informasi mengenai lokasi user tanpa persetujuan otoritas. Hal ini dikhawatirkan dapat membahayakan privasi dan sekuriti user.

"Kami mencurigai AdMob mengumpulkan informasi lokasi personal tanpa persetujuan dari Korean Communication Commission," ucap kepolisian Korsel, dikutip dari BBC, Selasa (3/5/2011).

Dalam penggerebekan ini, aparat menyita beberapa barang untuk keperluan investigasi. Seperti hardisk dan data komputer yang berhubungan dengan platform AdMob Google.

Bukan kali ini saja aparat Korsel mempermasalahkan sepak terjang Google di negara itu. Bulan Januari lalu, polisi Korsel juga menilai Google melanggar hukum telekomunikasi setempat karena mengoleksi data personal dari jaringan WiFi untuk layanan mapping.

Dan tidak hanya di Korsel saja. Di Amerika Serikat, Google bersama Apple juga dibidik terkait perlakuan mereka dalam menggunakan dan melindungi data personal pemakai smartphone, terutama di mana lokasi user berada.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar