Cari Artikel

Loading

Hacker Bisa Menyerang via Kartu Grafis

Ilustrasi
Browser ternama seperti Firefox 4, Chrome dan Safari, mulai memanfaatkan kecanggihan kartu grafis untuk membuka web khusus. Nah, ternyata hal ini juga bisa dimanfaatkan hacker untuk menyerang.

Hal ini diungkapkan oleh sebuah lembaga keamanan asal Inggris, Context, yang menyebutkan beberapa kelemahan dari Web Graphics Library (WebGL).

Dengan WebGL, sebuah sebuah browser bisa langsung berkomunikasi dengan Application Programming Interface (API) di kartu grafis. Fungsinya, agar memperlancar browser menampilkan situs berbasis HTML5.


WebGL sendiri mulai dibangun sejak kehadiran Firefox 4 dan Chrome terbaru, banyak juga yang beranggapan ini bisa menjadi pengganti Flash yang sudah lama berkuasa. Lantas, bagaimana WebGL bisa digunakan untuk menyerang?


Karena bisa mengakses langsung ke kartu grafis, penyerang bisa memanipulasi script khusus di dalam situsnya yang bisa bikin komputer kewalahan. Selain bisa menguras resource PC, script tersebut konon juga bisa membuat 'celah' pada sistem komputer sehingga mudah diserang.

"Saat ini sudah sangat mudah untuk melakukan serangan DDos. Namun ketika penyerang sudah bisa mengambil alih komponen komputer, serangan tersebut menjadi lebih bahaya," klaim lembaga Context, dikutip dari informationweek, Jumat (13/5/2011).





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar