Cari Artikel

Loading

Facebook Perketat Verifikasi Login

Ilustrasi
Untuk membantu pengguna mencegah akunnya diakses orang lain, Facebook menyediakan opsi tambahan untuk memperketat proses verifikasi login.

Login Approvals, demikian nama fitur keamanan baru ini, adalah bentuk pembuktian identitas asli si pengguna yang melapisi bentuk verifikasi standar -- memasukkan username dan password.

Dikutip dari PC World, Jumat (13/5/2011), dengan Login Approvals, pengguna Facebook kini punya pilihan untuk memberlakukan kode numerik, selain username dan password saat akan login.


Nantinya, Facebook akan mengirimkan kode berupa sederet nomor melalui SMS ke ponsel si pengguna Facebook yang bersangkutan. Cara ini, diyakini Facebook akan menjaga akun seseorang diakses orang lain, meski orang itu telah berhasil mencuri username dan password korban.


Pengguna Facebook itu juga akan diberi notifikasi bahwa seseorang telah berupaya masuk ke akunnya dan diminta untuk mengubah password.

"Salah satu tantangan dalam membangun Login Approvals adalah menyeimbangkan keamanan dan kegunaan. Fitur serupa di banyak situs lain mengharuskan Anda mengunduh aplikasi authentication atau membeli token fisik sebagai faktor kedua," kata salah satu engineer Facebook, Andrew Song.

Menurutnya, ini adalah pendekatan yang baik dan Facebook mempertimbangkan untuk menggabungkannya nanti. Namun disebutkannya, masih perlu persiapan untuk menyalakan fitur semacam itu.

Pengguna Facebook yang tertarik dengan opsi ini, bisa mengaktifkan fitur Login Approvals melalui pengaturan Account Security pada halaman Facebook.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar