Cari Artikel

Loading

'Facebook' ala Cina Bersiap Go Public

Renren
Salah satu jejaring sosial terbesar di Cina, Renren, sedang bersiap untuk menawarkan sahamnya ke publik, Rabu. Penawaran ini dilaporkan akan sangat diantisipasi para investor.

Seperti dilansir New York Times Selasa (3/5/2011) perusahaan asal Beijing ini akan menawarkan 53,1 juta sahamnya di pasar saham Amerika. Harga perlembar saham, sesuai dengan pengajuan, akan berada antara $ 12 (sekitar 102 ribu) sampai $ 14 (Rp 119,8 ribu).

Pada kisaran tersebut Renren mengincar total US$743,4 juta (Rp 6,4 triliun) sebagai pemasukan.


Renren, yang sering dianggap sebagai 'Facebook nya Cina' ini mengusung dua tren dominan sebagai nilai jualnya. Peningkatan jejaring sosial dan pasar Internet Cina yang sedang melonjak.


Cina, seperti diungkap perusahaan riset pemerintah China Internet Network Information Center, mencatat pada akhir tahun lalu bahwa ada 457 juta pengguna Internet di negeri mereka.

“Renren menarik banyak minat karena investor sedang mencari pemenang jangka panjang dalam jagat Internet Cina," ungkap Nick Einhorn, analis dari Renaissance Capital of Greenwich, Connecticut.

Renren didirikan pada 2005. Jejaring sosial yang bermarkas di Beijing ini dilaporkan memiliki 117 juta pengguna. Hanya 31 juta pengguna saja yang menggunakanya sekali perbulan. Jika dibandingkan, Facebook saat ini memiliki lebih dari 600 juta anggota.

Renren memang kerap dibanding bandingkan dengan Facebook. Kontributor situs teknologi Mashable, Kai Lukoff bahkan menyebut Renren sebagai penjiplak Facebook.

“Renren seperti miniatur Facebook dengan sebuah garis rata dan sebuah pencarian untuk monetisasi...semua yang dirilis Facebook, langsung dikopi Renren: Connect, Like , Places, Groups, dsb. Jujur saja, beberapa fitur telah dibuat lokal: merek iklan, lapisan permainan dan emoticon," tulis Lukoff.

Namun Renren, tidak seperti Facebook, mencas perusahaan atau merek yang ingin membuat laman fan (fan pages) dengan ongkos minimal 600,000 yuan (sekitar Rp 770 juta). Laman itu kabarnya akan dibuat seperti sebuah situs mini.





2 komentar:

adi waskita mengatakan...

kayaknya jejaring sosial akan monoton nieh... semua mirip facebook..

prim mengatakan...

mantap.. bagaiman dengan indonesia? Akankah bisa seperti renren..? Semoga saja bisa bersaing...!

Poskan Komentar