Cari Artikel

Loading

Android Siap Serbu Rumah Anda

Ilustrasi
Tidak puas mendominasi dunia maya, Google kini akan 'menyerbu' rumah Anda dengan menciptakan software berbasis open source yang mampu menghidupkan berbagai perangkat elektronik seperti lampu bohlam, mesin pencuci piring, thermostat dan sebagainya.

Teknologi nirkabel memungkinkan perangkat-perangkat ini berkomunikasi dengan perangkat pintar seperti tablet PC, komputer maupun ponsel sebagai alat pengendali serta alat perekam data.


Proyek ini diumumkan Google pada konferensi pengembang software di San Francisco. Google mengklaim tujuan proyek ini adalah mewujudkan rangkaian perangkat yang terhubung serta berkomunikasi satu sama lain.


Perangkat ini nantinya akan dihubungkan oleh sistem Android milik Google, yang disebut dengan Android@home. Demikian seperti dilaporkan Telegraph, Kamis (12/5/2011).

Pada peragaannya di hadapan pengunjung konferensi, Google menunjukkan cara mematikan dan menyalakan lampu dengan tablet atau mengirimkan musik dari internet ke perangkat hi-fi.

"Kami meningkatkan penggunaan platform Android di rumah-rumah. Ini sangat menyenangkan," ujar Senior Vice President Mobile untuk Google, Andy Rubin.
Beberapa inovasi yang dipamerkan Google adalah bohlam yang bisa dikendalikan melalui perangkat berbasis Android serta sound system Tungsten yang bisa disinkronisasi dengan layanan musik cloud Google.

"Kekuatan Android adalah sistem ini bisa digunakan oleh banyak orang dalam berbagai cara yang berbeda. Kita akan melihat beberapa produk yang sangat menarik," lanjut Rubin.

Analis Gartner Ken Dulaney menambahkan, "Pada dasarnya, Google menghubungkan banyak perangkat yang sebenarnya tidak didesain untuk terhubung seperti itu. Banyak perangkat akan menjadi 'pintar' dan terhubung, dan Android berharap bisa menjadi teknologi yang mewujudkan itu."





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar