Cari Artikel

Loading

2010, Pendapatan dari Sistem Operasi Capai USD30.4 Miliar

Windows 7 merupakan penjualan OS yang tercepat
Sebagai imbas dari pulihnya ekonomi secara global, pendapatan perusahaan dari sistem operasi (OS) di seluruh dunia mencapai USD30.4 miliar selama tahun 2010 kemarin, ini artinya ada peningkatan 7,8 persen dari 2009. Demikian menurut Gartner, Inc.


OS berbasis Linux dan Mac OS adalah subsegment pertumbuhan tercepat dan OS client segmen. sementara Microsoft mempertahankan posisi terdepan di pasar OS secara keseluruhan, dengan 78,6 persen pangsa pasar.


"Umumnya, OS client mengungguli OS server dan tumbuh 9,3 persen pada tahun 2010, sedangkan segmen server OS tumbuh 5,7 persen," kata Matthew Cheung, analis utama penelitian di Gartner, seperti dilansir melalui PCR Online, Minggu (1/5/2011).

Di antara klien OS, Mac OS adalah subsegment pertumbuhan tercepat di 2010 sebagai besar karena pengiriman unit desktop Mac / perangkat laptop yang kuat. Namun demikian Windows masih merupakan klien terbesar OS segmen, dengan pertumbuhan tinggi satu digit, terutama didorong oleh adopsi Windows 7 dan akhir lisensi Windows XP yang akan segera tamat.

"Di pasar server OS, Linux (server) adalah subsegment dengan pertumbuhan tercepat di tahun 2010 sebagai pengguna akhir mengadopsi sistem yang lebih terbuka. Dalam pasar OS Unix, IBM AIX mengalami pertumbuhan satu digit tinggi, tetapi Unix secara umum mengalami pertumbuhan rendah atau negatif, "kata Alan Dayley, Wakil presiden di Gartner.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar