Cari Artikel

Loading

Trio Motherboard LGA 1155 Intel Z68 ASRock Z68 Extreme4, Z68 Pro3 and Z68 Pro3-M


Dengan kemampuan yang diusungnya, perlahan tapi pasti, tampaknya banyak pemasok hardware yang akan mulai memproduksi perangkat motherboard berdasarkan chipset masa depan Intel Z68. Tak terkecuali halnya dengan pemasok ASRock yang kabarnya baru saja mengumumkan jajaran produk motherboard terbarunya yang berbasis Intel Z68 tersebut dengan suguhan tidak kurang dari tiga model paling barunya sekaligus yaitu Z68 Extreme4, Z68 Pro3 and Z68 Pro3-M. Ketiga motherboard ini kabarnya mampu menampilkan dukungan terhadap teknologi Virtu Lucid dan Smart Intel Respon serta FDI link dan penyesuaian Sandy Bridge multiplier.



Salah satu model handal yang diumumkan tersebut adalah Z68 Extreme4 yang dilengkapi dengan fitur SLI dan dukungan CrossFireX, konektivitas USB 3.0, channel suara 7.1 dengan dukungan untuk standar THX TruStudio Pro, dan empat konektor SATA 6Gbps. Motherboard Z68 Extreme4 ini juga mengemas tiga slot PCI Express x16, tombol power dan reset yang on board , BIOS debug LED, sedangkan pada bagian belakangnya terdapat tombol Clear CMOS dan D-Sub, DVI, HDMI dan output video DisplayPort.




Selain motherboard Z68 Extreme4, ASRock juga telah meluncurkan dua model motherboard lainnya dengan harga yang lebih terjangkau yaitu Z68 Pro3 dan Z68 Pro3-M. Untuk motherboard Z68 Pro3 yang mengadopsi form factor ATX ini kabarnya telah dilengkapi dengan dukungan terhadap memori dual channel DDR3-2133MHz, dua port USB 3.0 dan sepasang konektor SATA 6Gbps. Dan juga beberapa perluasan lainnya, diantaranya adalah slot PCI Express x16, tiga slot PCIe x1 dan sepasang slot PCI bawaan 32 bit. Ditambah lagi dengan keberadaan UEFI BIOS grafis, 7.1-channel HD audio serta on-board D-Sub, DVI-D dan HDMI video output.



Sementara itu, motherboard Z68 Pro3-M memiliki kesamaan fitur dengan motherboard Pro3 Z68. Namun demikian, motherboard Z68 Pro3-M ini lebih cenderung mengadopsi form factor micro-ATX. Dan dalam prosesnya, motherboard model ini kabarnya juga tidak mengikut sertakan PCI Express x1 dan slot PCI biasa serta salah satu dari empat port SATA 3Gbps yang bada, lebih dikarenakan telah dialihkan ke bagian belakang motherboard sebagai konektor eSATA.

Sejauh ini, ASRock tidak menyebutkan harga yang pasti mengenai trio motherboard besutannya tersebut. Akan tetapi berdasarkan kabar yang beredar, trio motherboard tersebut kemungkinan baru akan tersedia pada tanggal 11 Mei 2011 yang akan datang bertepatan pada saat Intel akan merilis secara resmi Z68 PCH. Ya, Kita lihat saja nanti!





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar