Cari Artikel

Loading

Total War Shogun 2, game berbobot yang memeras waktu dan otak

Seperti game Total War sebelumnya, game ini mengkombinasikan jenis permainan Turn-Based strategi dengan sistem manajemen yang mendalam seperti pada game Civilization dan Real Time Battle yang memerlukan taktik dan strategi. Lalu sejauh manakah perkembangan pada Shogun 2 ?



Total War Shogun 2
Developer : Creative Assembly
Publisher : SEGA
Genre : Strategy
Release Date : 15 Maret 2011


Story

Berseting pada abad 16 setelah masa perang Onin. Jepang terbagi menjadi beberapa clan yang dipimpin oleh panglima perang dan masing-masing clan saling mengklaim untuk menjadi penguasa terhebat di Jepang. Nah…tujuan kita dalam game ini adalah memimpin salahsatu clan untuk menguasai seluruh teritori Jepang.


Gameplay
Pada awal permainan kita disuruh memilih salahsatu dari 9 clan terkuat yang ada di Jepang. diantaranya ada clan Chosokabe, Shimazu, Date, Hojo, Mori, Oda, Takeda, Tokugawa, dan Uesugi. Masing-masing clan memiliki kelebihan dan kelemahan, seperti clan Chosokabe yang memiliki prajurit pemanah yang kuat dengan biaya rekruit yang rendah serta memiliki kemahiran dalam bidang pertanian, yang tentu saja akan meningkat pemasukan keuangan. Sedangkan untuk clan Takeda memiliki prajurit berkuda yang tangguh dengan moral yang tinggi. Sayangnya pada Shogun 2, ciri khas model prajurit dari tiap clan tidak telalu tampak. Yang tampak cukup membedakan hanya pada warna dan benderanya saja. Jika dibandingkan dengan Total War sebelumnya yang meliputi perang dengan beberapa negara, ciri khas dari tiap negara terlihat pada model prajuritnya.



Awalnya kita hanya memiliki satu propinsi dari puluhan propinsi yang tersebar pada sebuah peta Jepang. Mulai dari sini kita mulai membangun pondasi kerajaan kita dengan, membangun infrastruktur pertanian dan jalan untuk meningkatkan perekonomian. Meneliti teknologi baru untuk mendapatkan bangunan baru ataupun meningkatkan kemampuan bangunan yang sudah ada. Kemudian merekrut prajurit untuk menjaga teritori kita dan menguasai teritori musuh.

Berbicara tentang teritori, selain menempatkan prajurit untuk menjaga benteng, kita juga harus menempatkan prajurit ke sudut-sudut teritori kita untuk menjaga bangunan kita dari serangan musuh. Seperti contoh, musuh dapat membakar bangunan penyimpanan hasil panen yang berdampingan dengan teritori musuh untuk mengacaukan perekonomian dan memperlemah kekuatan pasukan kita.



Karena game ini merupakan game Turn-Based strategy, Maka dalam membuat sebuah bangunan, meneliti teknologi baru, hingga merekrut prajurit, semuanya diproses bedasarkan jumlah turn atau giliran, yang dapat diekskusi dengan tombol Enter pada keyboard atau mengklik tombol pada bagian sudut kanan bawah layar permainan. Setiap turn atau giliran juga mewakili perubahan musim yang akan terlihat perubahannya pada peta permainan. Misalnya saat musim semi, permukaan peta akan dihiasi pohon sakura dengan bunga-bunga yang berterbangan dan saat musim dingin, permukaan peta ditutupi oleh salju putih.

Dalam memanajemen propinsi, kita dapat mengatur jumlah pajak yang ditarik, namun tidak boleh sembarangan. Karena dengan menarik pajak telalu tinggi, rakyat akan marah dan terjadi kekacauan di propinsi kita. Diplomasi juga menjadi altenatif untuk memperkuat clan dengan beberapa cara, seperti salahsatunya memberi upeti. Kemudian Kita juga dapat memanajemen keluarga kita, seperti menjadikan anak sebagai pewaris tunggal clan kita ataupun menjalin hubungan persaudaraan dengan clan lain yakni menikahkan anak kita dengan clan aliansi yang dianggap pantas.



Saat dua kubu clan yang bermusuhan saling berhadapan di peta permainan, maka perang pun tak terhindarkan lagi. Sebelum memulai peperangan, kita dapat melihat kekuatan prajurit musuh mulai dari jumlah hingga tipe prajuritnya. Dalam game ini, belum tentu jumlah prajurit terbanyak pasti memenangkan peperangan. Karena taktik dan strategi yang tepat juga menjadi penentu kemenangan dalam peperangan. Dan ini menjadi kesenangan tersendiri bagi kita saat memenangkan peperangan dengan prajurit yang jumlahnya kalah dari musuh.

Dalam menerapkan taktik, kita bisa memanfaatkan lingkungan dan kemampuan masing-masing tipe prajurit dengan menempatkan prajurit pemanah pada dataran tinggi untuk mendapatkan jangkauan tembak yang lebih jauh atau menyembunyikan prajurit ke dalam hutan untuk menciptakan serangan mendadak yang dapat menurunkan moral prajurit musuh sehingga gampang dihabisi dan sisa prajurit akan berusaha melarikan diri. Pertarungan tidak hanya berlangsung di darat saja, tapi juga meliputi peperangan diatas laut dengan mengunakan kapal-kapal perang. Selain menembakan panah dan senjata api, kapal perang juga dapat merapat ke kapal musuh kemudian prajurit menaiki kapal untuk berperang diatas kapal.

Dalam Shogun 2, pemimpin dan jenderal perang telah diberikan kepribadian yang mendalam sebagai tokoh pahlawan. Dimana saat memenangkan sebuah peperangan, mereka akan mendapat point pengalaman untuk membuka skill mereka pada pohon skill yang tersedia. Disamping itu, mereka juga dibekali reputasi atau rangking yang ditentukan dalam jumlah bintang serta tingkat royalti yang juga penting untuk diperhatikan. Apa jadinya clan kita jika jenderalnya membelot.



Graphic
Sungguh sangat bagus grafis pada Shogun 2, namun harus terbayarkan dengan spesifikasi komputer yang lumayan tinggi. Kedetilan game ini tampak pada lingkungan perang hingga prajurit yang dalam jumlah banyak sekalipun masih terlihat halus. Seperti contoh saat ribuan panah kecil yang menghujam ke depan kamera masih terlihat detil dan prajurit yang ada didalam kapal, juga terlihat aktif dengan kesibukan mereka.
Kemudian animasi karakter juga terlihat halus seperti pada saat mereka beradu pedang samurai dan memanah terlihat alami. Musik dalam game juga turut memberikan point lebih untuk game ini. Musiknya dialunkan dari alat musik tradisional yang terdengar pas dengan suasana permainan. Seperti saat peperangan terdengar alunan ritme yang cepat dan membangkitkan semangat berperang serta semangat bermain pula.

Overall
Akhir kata, Shogun 2 tidak hanya mengandalkan nama besar Total Wars. Game ini telah mengalami banyak perkembangan dan perbaikan yang memantapkan diri sebagai game strategi terbaik, yang mana dapat membuat pemain menghabiskan waktu berjam-jam duduk didepan layar komputer. Dan sangat tidak disarankan untuk gamer yang kurang menyenangi game strategi, mungkin bisa frustasi dan cepat merasa bosan dengan game ini.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar