Cari Artikel

Loading

Tips Meningkatkan Kinerja PC dan Laptop

Ilustrasi
Saat pertama kali digunakan, Personal Computer (PC) maupun laptop anda terasa begitu ringan dan kinerjanya cepat. Tetapi seiring dengan semakin banyaknya program yang diinstall, kinerja komputer akan lambat. Berikut beberapa tips sederhana untuk mengangkat performa PC dan laptop anda.

1. Sesuaikan program yang diinstall dengan spesifikasi komputer.
Cari tahu kebutuhan spesifikasi sebuah program sebelum digunakan. Apabila spesifikasi minimumnya tidak cocok dengan komputer anda, segera hapus program tersebut.



2. Sederhanakan tampilan pada Desktop
Menghias Desktop memang akan membuat komputer anda terlihat indah. Tapi sesuaikan juga dengan spesifikasi komputer. Jangan terlalu banyak menghias Desktop dengan animasi wallpaper dan fitur taskbar seperti kalender, jam, Photo slide show, dan sebagainya.

3. Hapus program yang tidak berguna
Jika ada beberapa program yang tidak perlu dan jarang anda pakai, segera uninstall program tersebut. Karena semakin banyak program tidak penting terinstall, akan semakin penuh pula Hard Disk anda.

4. Matikan Background Task
Background Task adalah program yang berjalan tersembunyi dan kadang tidak diketahui. Biasanya yang termasuk Background Task adalah Antivirus yang melakukan Scan maupun update dan beberapa program yang memiliki update otomatis secara berkala. Non aktifkan program tersebut, dan jalankan saat diperlukan saja.

5. Gunakan software pendukung
Software pendukung seperti Tune Up Utilities dan Advanced System Care akan membantu mengangkat perfoma komputer. Gunakan juga software CCleaner untuk menghapus file yang tidak berguna.

6. Lakukan Defragment secara berkala
Defragment dapat ditemukan di Start--> All Programs--> Accesories--> System Tools-->Disk Defragmenter.  Dengan fitur ini, komputer akan mengatur tata letak program dan mengoptimalkan kapasitas hard disk yang tersisa agar program berjalan dengan cepat dan lancar.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar