Cari Artikel

Loading

Stem Stumper, Game iPhone untuk Tunanetra

Aplikasi unik ini bernama Stem Stumper. Sebuah game puzzle yang mengawinkan kontrol layar sentuh dan audio untuk bisa memainkannya.

Yang menarik, game ini rupanya tidak hanya bisa dimainkan oleh pengguna dengan mata normal saja.  Orang dengan penglihatan kurang atau tunanetra juga bisa bermain permainan ini.

"Mari bermain Stem Stumper, sebuah game puzzle yang bisa diakses tunanetra untuk iPhone dan iPod Touch," seperti dikutip dalam uraian aplikasinya di iTunes.



"Permainan inaugaral dari Ananse Productions, dibangun dari bawah ke atas untuk dinikmati baik oleh pengguna tunanetra iPhone yang (kini) terus bertambah banyak dan pemain dengan penglihatan normal di seluruh dunia."

Stem Stumper adalah game dengan template berbasis game puzzle standar yang berjalan pada perangkat dengan layar sentuh berbasis iOS, sistem operasi milik Apple.

Cara bermainnya adalah dengan mengarahkan sebuah makhluk tanaman lucu melalui sejumlah rintangan seperti tunggul pohon marah atau awan pembunuh rumput liar jahat, demi menemukan kantong pupuk. Seret jari di layar sentuh untuk menciptakan jalur dan pemain bisa mendengar petunjuk yang memberitahu kapan ketemu sesuatu yang penting atau berguna.

Bagi tuna netra, sebuah panduan suara dinamis akan mengarahkan 'Mimea' si tanaman anggur melewati 100 tingkat permainan. Gunakan slingshot, alat penyiram tanaman dan biji bijian pemarah untuk membuka jalan baginya agar tumbuh.

Inovasinya memang terletak pada opsi 'mode sonar,' dimana untuk pemain normal, gambar visual pada layar iPhone atau iPod Touch akan terlihat menghilang. Pemain akan berfokus bermain dengan hanya mengandalkan suara efek yang dikeluarkan perangkat.

Stem Stumper ini juga didukung dengan fitur VoiceOver. Ia akan membacakan instruksi untuk setiap tahapan (stage), yang tentunya akan sangat membantu bagi pemain tunanetra.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar