Cari Artikel

Loading

Reppler, Aplikasi Untuk Jaim di Facebook

Para mania Facebook atau yang sering disapa dengan sebutan facebooker terkadang melupakan bahwa ada beberapa hal yang seharusnya tidak perlu diposting. Padahal, status facebook, foto atau tulisan yang di upload bisa saja merusak citra si pengguna tersebut. Nah, kini telah hadir aplikasi bernama Reppler yang bisa membantu para facebooker untuk jaim, alias jaga imej.


Tidak ada salahnya untuk mencoba jaim di facebook, mengingat betapa pentingnya pencitraan seseorang melalui situs jejaring sosial tersebut kini kian umum. Tak heran, mulai banyak perusahaan yang mengecek profil calon karyawannya di facebook. Cara tersebut juga tidak jarang dilakukan dalam hal perekrutan calon mahasiswa baru, hingga dalam usaha pencarian jodoh.

"Orang-orang sangat peduli dengan persepsi keseluruha dari dunia luar. Mereka khawatir akan privasi dan keamanan, juga bagaimana segala hal yang dibagi di jejaring sosial bisa berdampak pada pekerjaan dan karir mereka", kata Vlad Gorelik, si pembuat Reppler.


Dikutip dari AFP, Kamis (7/4/2011), Reppler akan mengingatkan Facebooker ketika mereka mengunggah gambar atau tulisan yang mungkin saja merusak citra. Aplikasi ini bisa mengeceknya melalui semacam 'tone' dan kata kunci pada tulisan atau gambar yang memiliki indikasi negatif.

Ibarat orangtua yang mengawasi anaknya, Reppler juga memonitor kebiasaan si pengguna. Contohnya, Reppler akan memberi peringatan ketika penggunanya asyik berlama-lama memainkan FarmVille saat jam kerja.

Tak hanya itu, Reppler juga menjaga pengguna agar tidak membagi informasi yang seharusnya sangat pribadi, yang membuka jalan bagi hacker untuk menjahili akun mereka.

"Kami menyasar jejaring sosial karena di sinilah tempat sebagian besar orang di zaman sekarang 'hidup'", kata Gorelik.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar