Cari Artikel

Loading

Microsoft vs Mac, Tua vs Muda ?

Ilustrasi
Persaingan Microsoft dan Apple selalu menarik untuk pembahasan. Maklum saja, secara historis, raksasa teknologi komputer asal AS selalu bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Masih hangat dalam ingatan, bagaimana Apple melalui produk Macintosh atau Macbook sukses mempecundangi Microsoft yang begitu dominan. Perseteruan kian memanas, ketika konsumsen Apple mencitrakan dirinya konsumen ekslusif.

Ada survei menarik ihwal persaingan Microsoft dan Apple yang dipublikasikan Hunch.com, sebuah situs yang membuat rekomendasi kepada masyarakat tentang kebutuhan mereka. Hunch rupanya juga menjadikan perseteruan itu sebagai salah satu agenda wajib dalam merilis rekomendasi. Apakah hasil survei terbaru mereka.

Seperti dikutip dari livescience, Senin (25/4), hasil riset Hunch.com menyebutkan kebanyakan pengguna Mac cenderung muda, fasih menggunakan teknologi dan senang menghadiri pesta.

Sementara, pengguna PC berbasis Microsoft cenderung berumur, konservatif dan gaptek. Hasil riset juga menyebutkan rata-rata usia pengguna Mac adalah 18-34 tahun, mereka umumnya vegetarian, penikmat film-film indie, memiliki apresiasi yang tinggi terhadap seni modern dan gila fesyen.

Sebaliknya, pengguna Microsoft rata-rata berumur 35-49 tahun dengan karakter penyuka jeans, seni impresionis dan doyan menikmati film-film Hollywood. Kesimpulan itu mengemuka usai Hunch menjaring lebih dari 75 juta jawaban dari pertanyaan yang menyangkut kepribadian dan karakarteristik berdasar jenis komputer yang digunakan.

"Kami pikir mungkin ada beberapa perbedaan dalam hal karakter pengguna Microsoft vs Mac selayaknya perbedaan desain antara Microsoft dan Mac," papar Kelly Ford, Wakil Presiden Pemasaran, TechNewsDaily. "Dan sangat menyakinkan bahwa pengguna Mac umumnya pribadi yang menyukai pilihan desain yang lebih modern daripada individu pengguna Microsoft."

Ford pun mengaku terkejut ketika perbedaan-perbedaan yang mengemuka cukup signifikan. Dari hasil survei Hunch juga diketahui bahwa pengguna Microsoft cenderung lebih baik dalam matematika, instrospektif dan konservatif. Mereka cenderung pula menyukai anggur putih dan makanan ringan. Sementara, pengguna Mac menyukai anggur merah, koktail dan merasa penting untuk dianggap unik.

Hunch.com melakukan penelitian serupa sekitar 18 bulan yang lalu, dan tercatat adanya konsistensi yang luar biasa dalam perbedaan karakter antara pengguna Mac dan Microsoft.

Namun, dalam sejumlah hal, ada perbedaan yang mencolok. Persentase dari pengguna Microsoft digambarkan mengalami peningkatan dari semula 48 persen menjadi 52 persen. Sebaliknya, pengguna Mac digambarkan mengalami penurunan dari semula 31 persen menjadi 25 persen.

"Sebagai pengguna produk Apple termasuk iPhone dan iPad, yang tengah digandrungi, menyebabkan tingkat keunikan pengguna Apple menurun. Hal itu yang tidak bisa terbantahkan lagi. Bahwa deferensiasi antara pengguna Apple dan Microsoft tampak tidak begitu jauh," kata Ford.

Dia juga mencatat bahwa pesan iklan Microsoft selama beberapa tahun terakhir lebih terfokus pada merapatkan kesenjangan persepsi antara Mac dan Microsoft. "Ada kesempatan baik bahwa pesan tersebut telah mulai meresap,"





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar