Cari Artikel

Loading

Logo Baru Firefox Untuk Channel Aurora & Nightly

Pengadopsi awal yang digunakan dalam pengujian pengembangan Firefox yang terbilang masih sangat dini ini tidak diragukan lagi akrab dengan logo yang menyertai rilis Minefield. Dengan atau tanpa sumbu bom yang menyala, logo Minefield ini dirancang untuk menunjukkan rilis spesifik Firefox yang kabarnya masih jauh dari finalisasi itu.

Dengan dirilisnya Mozilla Firefox 4.0 tampaknya bakal mempercepat siklus rilis dari browser open source tersebut. Dan bahkan Firefox 5.0 kabarnya juga akan segera menyusul dirilis pada pertengahan tahun 2011 ini. Sedangkan Firefox 6.0 juga akan dirilis enam minggu setelah itu, dan selanjutnya diikuti pula dengan Firefox berikutnya enam minggu berselang.

 

Dengan demikian, proses pengembangan Firefox keseluruhan tampaknya memerlukan suatu pembenahan. Bagian dari perbaikan tersebut adalah proposisi untuk membangun versi Firefox yang baru dengan terfokus pada empat saluran yang ada, dan bukan tiga saluran seperti yang telah diterapkan sekarang ini.

Christian Legnitto yang menjabat sebagai manajer rilis Mozilla juga telah mencatat tentang perlunya adanya tambahan saluran Aurora selain Nightly, Beta, dan Release. Dan menurut publikasi yang dilansir Hentzschel Søren, rilis pengujian Firefox Nightly dan Aurora tampaknya akan menampilkan elemen-elemen identitas visual yang baru, khususnya logo yang lebih fresh. Logo baru tersebut tentunya berkaitan dengan perbaikan atas desain Minefield saat ini, dan sulit dipastikan apakah logo Firefox resminya juga akan dirancang ulang pada rilis berikutnya. Sejauh ini belum ada indikasi kalau Mozilla berencana untuk memperkenalkan pembaharuan logo Firefox yang ada.

Berikut penjelasan Legnitto tentang channel-channel Mozilla pasca keberadaan Firefox 4.0 :
  1. Nighly, yaitu pengembangan yang diciptakan dari repositori mozilla-central setiap malam. Tidak ada kualifikasi yang dilakukan oleh QA.
  2. Aurora, yaitu pengembangan yang diciptakan dari repositori mozilla-aurora, yang diselaraskan dari mozilla-central setiap 6 minggu. Ada sejumlah kecil QA pada awal periode 6 minggu sebelum update yang ditawarkan.
  3. Beta, yaitu pengembangan yang diciptakan dari repositori mozilla-beta repositori, yang dikualifikasikan oleh QA sebagai kualitas yang cukup untuk dilepas ke para pengguna beta.
  4. Release, yaitu pengembangan yang diciptakan dari repositori mozilla-release, yang dikualifikasikan oleh QA sebagai kualitas yang cukup untuk dilepas secara umum ke ratusan juta orang.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar