Cari Artikel

Loading

Layaknya China, Akankah Rusia Perketat Pengawasan Internet ?

Ilustrasi
Pengguna internet Rusia terancam akan mendapatkan pengawasan ketat dari pemerintah. Pasalnya, pertumbuhan layanan internet Barat seperti Gmail dan Skype makin subur di tanah Kremlin itu. Spekulasi ini muncul ketika agen mata-mata domestik Rusia (FSB) saat berada di pertemuan pekan lalu mengusulkan penutupan sejumlah layanan populer internet.

“Penggunaan layanan-layanan dari Barat makin tak terkendali dan bisa membahayakan keamanan Rusia,” ungkap pejabat senior FSB Alexander Andreyechkin.



Di sisi lain, Andreyechkin secara spesifik mengusulkan untuk menutup Hotmail, Gmail dan Skype. Alasannya seperti dikutip oleh Telegraph, ketiga layanan itu memakai algoritma terenkripsi yang membuat pemerintah makin sulit mengawasi pengguna internet. Namun, usulan Andreyechkin langsung dibantah pejabat pemerintah. Pejabat pemerintah itu menyebutkan bahwa pejabat FSB "melampaui batas kewenangan dan melontarkan komentar tak pantas terkait layanan internet populer tersebut". Belakangan, Menteri Komunikasi Igor Shchegolev menyatakan, pemerintah sama sekali tidak berencana untuk menutup Skype, Gmail, Hotmail atau layanan asing lainnya.

Meski begitu, pemerintah Rusia diduga akan memberi akses lebih mudah pada agen intelejen Rusia untuk mengawasi komunikasi para pengguna internet. Agen berita RIA Novosti melaporkan, di pertemuan pekan lalu itu, kelompok yang bertugas menyusun proposal terkait penggunaan peralatan cryptographic di jaringan komunikasi publik telah terbentuk.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar