Cari Artikel

Loading

Iran: Kami Diserang Virus Komputer Lagi

Ilustrasi
Pejabat di Iran menyebut adanya serangan worm kedua pada negara itu setelah Stuxnet. Namun pakar antivirus belum mendeteksinya.

Brigjen Gholam-Reza Jalali, salah satu pejabat militer senior di Iran, mengklaim adanya serangan program jahat berjenis worm pada negaranya.

Seperti dikutip dari TheRegister, Selasa (26/4/2011), Jalali mengatakan serangan itu sekarang masih diselidiki. Worm itu dijuluki Stars dan disebut sebagai 'virus mata-mata'.


"Beberapa karakteristik Stars sudah teridentifikasi, termasuk bahwa ia kompatibel dengan sistem yang diserang dan kerusakan awalnya hanya sedikit serta bisa salah dianggap sebagai file executable milik pemerintah," tutur Jalali yang merupakan kepala unit anti sabotase di Iran.


Jalali tidak menyebutkan sistem komputer apa yang diincar oleh Stars. Ia juga mengatakan negaranya harus siap menghadapi serangan serupa di masa depan.

Di sisi lain, peneliti antivirus di luar Iran mengaku belum menemukan atau memeriksa adanya worm bernama Stars tersebut. F-Secure, misalnya, mengatakan belum bisa mengaitkan klaim Jalali dengan virus yang mereka teliti.

"Kami tidak tahu apakah ini serangan cyber lainnya terhadap Iran. Kami juga tidak tahu apakah ini hanya worm Windows biasa yang diumumkan sebagai serangan dalam perang cyber," tutur Mikko Hypponen, peneliti antivirus di F-Secure.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar