Cari Artikel

Loading

IBM Coba Atasi Kemacetan Jakarta

Ilustrasi
Kemacetan Jakarta yang menjadi masalah saat ini ternyata menarik perhatian para ahli di IBM. Perusahaan teknologi yang tahun ini tepat berusia 100 tahun itu pun mencoba membantu pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengirim tim ahlinya.

Tim yang terdiri dari para eksekutif IBM telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Jakarta untuk merancang berbagai strategi yang dapat membuat sistem transportasi di kota ini semakin efisien. Lima eksekutif IBM yang berasal dari Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis telah membentuk sebuah tim bernama IBM Executive Service Corps.



Mereka telah memulai tugasnya di Jakarta sejak Rabu (20/4/2011). Bekerja sama dengan Pemprov DKI dan pemuka masyarakat, saat ini tim tersebut mencoba lebih memahami berbagai tantangan transportasi yang dihadapi Kota Jakarta.

Dalam program yang diselenggarakan di Jakarta ini, para pakar IBM akan mengembangkan sebuah pandangan yang holistik terhadap sistem transportasi dan sebuah peta perjalanan yang realistis untuk mengatasi kemacetan di Jakarta. Dengan menggunakan IBM Smarter Transport Maturity Model, tim ini akan menganalisis kondisi saat ini dan mengembangkan rencana yang sudah ada untuk mewujudkan visi Jakarta memiliki sebuah sistem transportasi yang lebih pintar.

"Kami melihat keperluan yang mendesak tentang perlunya untuk meningkatkan pengelolaan kota di seluruh dunia dan IBM sangat senang dapat mendukung Kota Jakarta mengatasi salah satu tantangan yang paling berat di era ini," jelas Suryo Suwignjo, Presiden Direktur IBM Indonesia, dalam siaran persnya.

Program IBM Executive Service Corps adalah bagian dari program kemanusiaan IBM, yaitu Corporate Service Corps yang juga dikenal sebagai Korps Perdamaian versi korporasi. Program ini telah memberikan dampak langsung pada sebagian besar dari 20 negara di mana lebih dari 100 tim dan lebih dari 1.000 karyawan IBM yang ahli di bidang teknologi, penelitian ilmiah, pemasaran, keuangan, dan pengembangan bisnis telah ditugaskan.

Sejak diluncurkan pada tahun 2008, mandat dan portofolio IBM Corporate Service Corps telah semakin luas dan dalam. Saat ini korps tersebut melibatkan para eksekutif IBM yang bekerja sama sebagai tim dengan kepala pemerintahan, para pengusaha, pemimpin-pemimpin perusahaan, dan lembaga-lembaga pemerintah untuk membuat peta perjalanan yang berdasarkan berbagai pemikiran-pemikiran terbaik, solusi-solusi yang paling skalabel, dan berbagai langkah penting di bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Beberapa bidang yang menjadi fokus dari program ini meliputi transportasi, keselamatan umum, energi, pendidikan, kesehatan, pengelolaan sumber air bersih, dan pertumbuhan ekonomi.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar