Cari Artikel

Loading

Hati-Hati Terhadap Link Berbahaya Di Facebook

Sejumlah para pengguna jejaring sosial Facebook mengaku cukup kaget setelah menerima klaim bahwa salah satu situs jejaring sosial yang terpopuler tersebut akan ditutup. Pesan tersebut ternyata hanya tipuan semata, dimana diberitahukan bahwa facebook memiliki masalah dengan adanya akun-akun yang tidak aktif, sehingga facebook harus menghapus semuanya, kecuali jika pengguna "mengkonfirm" aktivitas mereka.

"Your account will be permanently disable if you don't take this step," begitu tulisan pesan dari salah satu wall pengguna facebook.


Dari situ, user akan dibujuk untuk melakukan penginstallan aplikasi berbahaya yang kemudian akan mengarahkan user ke sebuah survei. User akan diminta untuk mengisi sebuah survei yang dikatakan di dalamnya akan mendapatkan komisi. Bahayanya, pesan tersebut juga dapat mencuri nomor telepon user dengan iklan SMS tidak penting. Selain itu, aplikasi yang dibuat oleh pihak ketiga tersebut juga dapat mengakses profil facebbok user, sehingga mereka dapat melakukan posting wall yang sama dari halaman user sebelumnya, dengan tujuan untuk menyebarkan pesan "hoax" tersebut ke semua teman user. Jika ada yang menemukan pesan ini, sebaiknya cepat beritahukan kepada pemilik profil tersebut untuk cepat menghapus pesan tersebut dari wallnya, sebelum orang lain mengklik linknya.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar