Cari Artikel

Loading

Facebook Kenalkan Fitur Keamanan Baru

Facebook kenalkan sejumlah fitur keamanan baru. Fitur tersebut diantaranya menyasar pada keamanan data dan antisipasi perilaku bullying di jejaring sosial.

Seperti dilansir Mashable (19/4/2011), langkah ini juga kebetulan menyusul surat terbuka dari Sophos sehari sebelumnya.

Meski tergolong konsisten menjaga sistem login dan server-nya dari serangan, Facebook, menurut perusahaan keamanan jaringan tersebut justru rentan serangan phising dan aplikasi berbahaya.



Fitur baru ini memang belum menjawab lengkap saran Sophos yaitu membuat privasi menjadi default (settingan awal), membuat proses pemeriksaan untuk pengembang aplikasi dan mengaktifkan HTTPS otomatis. Namun disebut sebut sudah memenuhi komitmen Facebook untuk mencegah perilaku bullying terkait kampanye anti bullying Obama di gedung putih AS.

Apa saja fitur baru tersebut?

Two Factor Authentication (Otentifikasi Dua Faktor):
Fitur ini akan membuat Facebook selalu meminta kata sandi ketika pengguna masuk dari perangkat yang berbeda beda. Untuk mengaktifkannya, pengguna harus menyalakan mode ini terlebih dahulu secara manual.

Improved HTTPS (Perbaikan HTTPS):
Facebook menambahkan dukungan HTTPS pada Januari, yang mempersulit seseorang dalam jaringan WiFi untuk mencuri data pribadi. Sekarang, jika pengguna menggunakan aplikasi non HTTPS dalam mode HTTPS, Facebook akan secara otomatis mengembalikan anda ke mode HTTPS begitu selesai.

Expanded Social Reporting Tool:
Faceboook memperluas fitur yang membantu pengguna berhadapan dengan bulyying dan pelanggaran lain terkait peraturan layanannya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan pribadi (private messages) ke seseorang yang memposting konten hinaan atau kata kata menyerang. Jika ingin melaporkannya ke Facebook sertakan figur berwenang sebagai kontak dalam laporan itu.

Sebelumnya fitur ini hanya bisa digunakan untuk foto dan wall post saja. Sekarang ia tersedia pada profil, halaman (pages) dan juga Group.

Family Safety Center redesign (desain ulang laman Family Safety Center):
Safety center yang ada di Facebook didesain ulang, dengan menambahkan Filosofi, Komunitas dan Tool and Resources. Seperti dalam versi sebelumnya, Orangtua, Guru, Remaja, dan Pihak Berwenang juga masih menjadi fokus utama.

Facebook, melalui blog resmi juga menulis bahwa mereka sedang merencanakan untuk menambah panduan bagi guru yang ingin menggunakan media sosial mereka dalam ruang kelas. Ini terkait dengan kebijakan banyak sekolah yang memblokir Facebook di perangkat komputer mereka.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar