Cari Artikel

Loading

Dunia Tanpa Kabel ala Apple

Ilustrasi
Sempat membayangkan dunia komputer tanpa kabel? Berbicara soal kabel micro USB yang umumnya dipakai untuk menghubungkan perangkat ke komputer atau sebaliknya, kemungkinan sebentar lagi menjadi kuno dan mulai ditinggalkan.

Setidaknya, Apple sudah memulainya. Perusahaan berlogo buah apel tergigit itu dilaporkan sedang bekerja keras untuk sinkronisasi iPod dan iTunes tanpa menggunakan kabel alias wireless. Ini menjadi terobosan Apple untuk membuat kawat dan kabel menjadi bagian dari masa lalu.

Steve Jobs nampaknya memiliki obsesi besar untuk membuat generasi baru untuk iPod yang bisa sinkronisasi dengan iTunes secara nirkabel. Tentu, dengan begitu, kabel USB akan menjadi usang untuk produk-produk iPod. Demikian dikutip cultofmac.com, Rabu 13 April 2011.


Alih-alih mengimpor musik, film, dan aplikasi melalui konektor 30-pin Apple, nanti iPod akan secara otomatis sinkronisasi acapkali pengguna menghubungkannya ke jaringan Wi-Fi.

Namun, jalan Apple tidak semulus itu. Terobosan teknologi ini akan menemui sejumlah kendala berarti. Dua kendala yang terbesar meliputi kekuatan sinyal saat sinkronisasi dan konsumsi baterai yang luar biasa.

Untuk mengatasi masalah itu, Apple kabarnya menguji iPod dengan material serat karbon, bukan aluminium yang biasanya dipakai Apple pada iPod-iPod sebelumnya. Dengan demikian, diharapkan sinyal dapat lebih stabil.

Apple juga menggandeng Kevin Kenney, seorang insinyur senior yang ahli di bidang serat karbon. Dulu, Kenney sempat menjadi bagian dari Apple dan membuat sejumlah paten untuk perusahaan yang dikendarai Steve Jobs itu.

Belum ada keterangan lebih lanjut dari Apple terkait kapan iPod terbaru itu akan dirilis. Terkait material yang digunakan pun Apple sampai sejauh ini masih terus melakukan riset.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar