Cari Artikel

Loading

Data Center Amazon Crash, Ribuan Situs Down

Ilustrasi

Ribuan situs, termasuk Foursquare dan Quora, sempat offline akibat kerusakan pada data center berbasis komputasi awan (cloud computing) milik Amazon di wilayah Virginia.
 
"Host data center kami yang biasanya bekerja luar biasa, Amazon EC2, mengalami sedikit masalah pagi tadi, sehingga mempengaruhi kami dan beberapa layanan lain yang menggunakan data center itu," demikian pernyataan layanan berbagi lokasi Foursquare seperti dilansir Telegraph, Minggu (24/4/2011).
 
Ya, selain menjual buku dan DVD secara online, Amazon.com juga menawarkan jasa web hosting dan penyimpanan untuk perusahaan-perusahaan yang tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk membangun data center mereka sendiri.
 
Amazon EC2 (Elastic Compute Cloud), yang menjadi host untuk beberapa situs besar seperti Foursquare, Quora serta portal berita Reddit, mulai mengalami kerusakan Kamis lalu. Untungnya, kini layanan itu sudah bisa kembali diakses.
Kendati menyebabkan ribuan situs offline, situs Amazon sendiri ternyata tidak mengalami dampak apapun.
 
Quora sendiri tidak ingin menyalahkan Amazon secara berlebihan. "Kami berharap bisa segera kembali beroperasi. Maaf, ini juga menyebalkan bagi kami. Kami bisa saja menyalahkan pihak tertentu, tapi kami tidak akan berada di sini tanpa EC2," demikian pernyataan jejaring sosial yang berdiri 2009 lalu.
 
Layanan komputasi awan saat ini lebih banyak digunakan oleh sejumlah startup, namun model layanan ini diperkirakan menjadi bisnis yang lebih besar di masa depan.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar