Cari Artikel

Loading

BitDefender rilis tool gratis blokir Malware autorun

Vendor antivirus asal Rumania, BitDefender baru saja merilis perangkat gratis yang dirancang untuk melindungi komputer dan perangkat penyimpanan yang dapat dilepas dari malware autorun. BitDefender menjuluki aplikasi tersebut USB Immunizer aplikasi yang tidak memerlukan instalasi. Aplikasi tersebut merupakan sebuah aplikasi tunggal yang menyediakan antarmuka pengguna yang sederhana.

Pada dasarnya ada dua pilihan. Salah satunya adalah untuk mengimunisasi komputer, setara dengan menonaktifkan fitur autorun malware Windows. Kontrol untuk melakukan ini agak membingungkan karena pengguna akan ditanya apakah ingin mengimunisasi komputer dan hanya terdapat pilihan pengatur ON/OFF. Kebanyakan pengguna akan menganggap bahwa ON adalah untuk "ya, imunisasi komputer saya” dan OFF untuk “tidak”, tapi sepertinya maksud tersebut adalah terbalik karena mengacu pada keadaan AutorRun. Imunisasi komputer dicapai dengan memodifikasi kunci registry khusus untuk menonaktifkan autorun untuk semua perangkat kecuali optik (CD / DVD-ROM).


Opsi kedua yang ditawarkan program ini adalah mengimunisasi perangkat penyimpanan yang dapat dilepas pasang ke komputer. Terdapat daftar drop-down yang memungkinkan pengguna untuk memilih perangkat dan tekan sebuah tombol diimunisasi. Hal ini menciptakan sebuah folder bernama autorun.inf tersembunyi dan sistem membaca perangkat. Ini berisi sub-folder dan dua file kosong. Alasan di balik prosedur ini adalah untuk mencegah malware autorun dari menciptakan file autorun.inf jahat yang diperlukan untuk propagasi. Kabar buruknya, penyusup dapat melewati mekanisme perlindungan ini dengan menghapus folder autorun.inf yang telah dibuat. Untungnya, para peneliti BitDefender belum mengidentifikasi adanya malware yang mencoba secara rekursif menghapus folder ini dari perangkat penyimpanan USB.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar