Cari Artikel

Loading

Awal 2011, Penjualan Komputer Global Turun

Ilustrasi
Sejak 2009, penjualan komputer per kuartal selalu menunjukkan kenaikan. Namun, menurut data Gartner, pada kuartal pertama 2011 ini terjadi penurunan untuk pertama kalinya.

Seperti dikutip dari Reuters, Kamis (14/4/2011), Gartner mencatatkan penurunan 1,1 persen pada periode itu. Total penjualan PC dunia --termasuk laptop dan desktop-- kini adalah 84,3 juta unit.

Penurunan itu cukup signifikan, karena Gartner sebelumnya justru memprediksi adanya kenaikan 3 persen.


Pembuat PC terbesar dunia -- termasuk Hewlett-Packard, Acer maupun Dell -- disebut mengalami penurunan penjualan tahun-ke-tahun. Namun yang dinilai lebih perlu memperhatikan ini adalah Intel atau Microsoft. Ini karena bisnis mereka, dan vendor serupa lainnya, nyaris tergantung dengan penjualan PC dunia.

"Meskipun kuartal pertama biasa menunjukkan angka yang rendah bagi penjualan PC, hasil yang ada itu mengindikasikan potensi pelambatan besar bukan sekadar musiman," sebut Gartner.

Apa yang menyebabkannya? Gartner menyebut hal-hal seperti segmen konsumen yang lemah hingga beralihnya pembeli ke tablet.

Akibat hasil kuartal ini, Gartner merevisi prediksinya untuk 2011. Kini penjualan PC diprediksi tumbuh 10,5 persen menjadi 388 juta unit. Pada prediksi sebelumnya, Gartner mematok angka 15,9 persen.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar