Cari Artikel

Loading

Aplikasi 'Mata Mata' Pengawas Anak Anak di Facebook

Ilustrasi
Perusahaan keamanan Internet Check Point baru saja meluncurkan software yang memungkinkan orang tua mengawasi anak di Facebook tanpa lebih dulu menjadi 'teman,' (friend). Aplikasi ini berguna untuk memantau akun anak dari pengguna jahat hingga cyber bully.

Namanya adalah ZoneAlarm SocialGuard. Aplikasi ini akan memperingatkan orang tua tanpa harus mengintip semua posting, komentar, gambar video atau konten digital lain yang dibagi antara teman di situs.

Program ini memindai profil Facebook, komunikasi dan permintaan 'teman' dan menggunakan algoritma untuk mengidentifikasi potensi bullying, kejahatan seksual, pembicaraan terkait Narkoba, kekerasan ataupun bunuh diri.


SocialGuard diklaim pembuatnya berjalan tanpa terlihat di belakang layar, memberi tanda jika ada akitivtas mencurigakan dan mengirim peringatan kepada orang tua.


"Ini mengenai melindungi anak anak anda dari ancaman sosial di luar sana, sembari masih menghargai privasi mereka dan mendorong komunikasi terbuka,"ungkap Presiden Penjualan Konsumen Check Point Bari Abdul.

"Kami menawarkan pengguna Facebook sebuah cara sederhana untuk merangkul jejaring sosial secara aman."

SocialGuard, menurut Check Point, dibuat untuk mendeteksi akun yang di hack, link berbahaya, predator online, dan pengganggu cyber. Perangkat lunak ini juga memeriksa apakah orang yang menghubungi anak anak mereka dengan cara menipu tentang umur mereka atau jika orang asing sedang mencoba untuk menjadi "teman" di Facebook.

Check Point merujuk pada survey yang mengindikasikan 38 persen remaja telah mengabaikan permintaan (request) dari orang tua untuk menjadi teman di Facebook. Sementara 16 persen anak anak menjadikan orang tua mereka teman hanya sebagai syarat menggunakan jejaring sosial.

SocialGuard bisa dimiliki secara online dengan harga paket US$1,99 (sekitar Rp 17 ribu) perbulan atau US$19,99 (sekitar Rp 172 ribu) pertahun. Untuk membelinya cukup kunjungi saja www.zonealarm.com.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar