Cari Artikel

Loading

AMD Mulai Produksi Masal GPU Radeon HD 7000 Bulan Mei Mendatang

Dengan keberadaan tiga kartu GPU low-end andalan dari armada Radeon HD 6000 Series-nya yang siap dilepas ke pasaran dalam waktu dekat ini, AMD tampaknya mulai mengubah sebagian besar perhatiannya terhadap teknologi Southern Islands GPU 28nm yang akan datang. Kemudian ditambah lagi dengan adanya klaim laporan yang baru-baru ini muncul berkaitan dengan rencana produksi masalnya  paling cepat bulan Mei dan tanggal rilis yang diperkirakan pada bulan Juni ataupun Juli mendatang.


Laporan itu sendiri berasal dari publikasi DigiTimes dengan kutipan sumber “from graphics card makers”, yang sayangnya tidak mengungkapkan rincian lainnya tentang kebertadaan chip tersebut. Bahkan ada kabar yang menunjukkan kalau Southern Islands GPU besutan AMD tersebut didasarkan pada arsitektur yang sama seperti yang digunakan pada core Cayman saat ini (atau tepatnya bisa diketemukan pada arsitektur kartu GPU Radeon HD 6900). Hal ini akan menjadi tweak untuk proses manufaktur 28nm dan node produksi yang lebih kecil. Dengan begitu, tentunya  akan memungkinkan AMD untuk menginstal unit streamingnya ke dalam GPU Radeon HD 7000 series nantinya.

Sejauh ini, hanya ada spekulasi mengenai kinerja core grafis AMD terbaru tersebut. Namun demikian, dengan kemajuan dalam teknologi fabrikasi bahkan mungkin saja GPU-tunggal HD 7000 akan lebih canggih dan jauh lebih unggul dari pada Radeon HD 6990 yang ada saat ini.

Produksi bagian Southern Islands pertama kalinya akan dibangun oleh TSMC. Dan apabila semua berjalan dengan baik dengan teknologi fabrikasi 28nm-nya, maka untuk selanjutnya produksi beberapa bagiannya akan segera dipindahkan produksinya ke GlobalFoundries.

Jajaran kartu grafis Radeon HD 7000 ini akan mencakup keduanya, baik desktop maupun notebook. Sedangkan untuk versi mobile GPU sendiri tampaknya akan segera menghadirkan empat model yang berbeda nantinya.

Sebelumnya ada bocoran berkaitan dengan peluncuran GPU Radeon 7000 pertama pada kuartal keempat (Q4) tahun 2011. Namun kabar itupun menjadi bias seiring dengan munculnya kabar baru mengenai Southern Islands GPU desktop yang akan segera dirilis pada kuartal ketiga (Q3) tahun ini juga sejak AMD memperkenalkan versi desktop GPU pertamanya baru-baru ini.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar