Cari Artikel

Loading

77 Juta Account Playstation Network Dibobol


Pembobolan data di PlayStation Network kabarnya mencapai skala masif. Ini karena ada sekitar 77 juta account terdaftar di PlayStation Network. Bisa jadi data penting mereka telah diambil cracker.


Sony melaporkan data sensitif pengguna seperti nama, alamat, password dan mungkin data kartu kredit diambil cracker. Sony pun memutuskan menutup PlayStation Network untuk mencegah kemungkinan lebih buruk.

Kejadian tersebut dianggap amat serius. Alan Paller, Direktur Riset SANS Institute menyatakan, pembobolan data ini mungkin adalah pencurian informasi data identitas terbesar yang pernah terjadi.


Paller menilai Sony mungkin tidak memperhatikan sekuriti secara serius kala mereka mengembangkan software untuk PlayStation Network. Karena terburu-buru mengembangkan inovasi baru, soal sekuriti pun dikesampingkan.


Paller menduga cracker masuk jaringan dengan mengambil alih PC system administrator, yang memiliki hak akses informasi sensitif mengenai kustomer Sony. Si administrator mungkin dikirimi email dengan software jahat, yang kemudian terinstall di komputernya.

Sony sendiri belum menjelaskan secara detail bagaimana hal itu terjadi dan apa yang akan dilakukan cracker dengan data itu. Dilansir Reuters, Rabu (26/4/2011), Sony mengaku menyewa vendor sekuriti untuk menginvestigasi kasus ini.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar