Cari Artikel

Loading

5 Lelucon April Mop ala Google

PigeonRank
Situs search engine populer Google ternyata gemar merayakan April Mop atau April Fools yang jatuh pada 1 April. Lelucon yang dilontarkan oleh situs ini biasanya terkait dirilisnya fitur-fitur baru yang ternyata hanya bahan untuk bercanda saja.

Hampir setiap tahun Google selalu mengeluarkan lelucon April Mop. Bahkan ketika Google merilis Gmail pada 1 April 2004, hal ini dianggap sebagai lelucon oleh para penggiat internet karena seringnya Google berkelakar pada tanggal tersebut. Berikut adalah beberapa lelucon April Mop Google yang terkenal yang dikutip dari about.com, Jumat (1/4/2011).



1. PigeonRank
Pada tahun 2002, Google membuka rahasia di balik teknologi PageRank mereka yang selama ini digunakan untuk menentukan halaman internet mana yang paling relevan dengan pencarian pengguna. Google menyatakan bahwa mereka menggunakan burung-burung merpati untuk membantu pengguna mencari situs yang diinginkan secara cepat.

2. Google Translate For Animals

Google UK memasang video palsu yang menyatakan bahwa mereka telah berhasil menciptakan aplikasi yang mampu menerjemahkan bunyi-bunyian hewan ke bahasa Inggris. Coba cari "Translate For Animals" di Google, maka hasil pencarian akan mengarah ke aplikasi lelucon tersebut. "Terjemahan" yang dihasilkan ternyata tak lain hanya kata-kata acak saja.

3. Google MentalPlex

Ini merupakan aplikasi Google yang menyatakan bahwa dengan MentalPlex, pengguna Google tidak perlu lagi mengetik hal yang ingin dicari karena MentalPlex akan membaca pikiran mereka. Hasil yang didapat dari penggunaan MentalPlex adalah pengguna akan terhubung ke laman pencarian "April Fools"

4. Google Copernicus Center
Di tahun 2004 Google membuka lowongan untuk bekerja di Google Copernicus Center (GCC). Dimana letak GCC ini? Tak tanggung-tanggung, di bulan! Menurut Google pada waktu itu, proyek yang diberi nama Google Copernicus Hosting Environment and Experiment in Search Engineering (G.C.H.E.E.S.E.) ini akan dimulai pada musim semi 2007.

5. Google Gulp
Google mengeluarkan minuman yang diyakini mampu meningkatkan intelegensi peminumnya. Untuk memperoleh minuman ini, seseorang harus memiliki tutup botol Google Gulp milik orang lain. Hal ini merupakan parodi dari Gmail yang menggunakan sistem invitasi.


Itulah beberapa lelucon ala Google untuk menyemarakkan April Mop. Pengguna internet tentu saja harus waspada, jangan sampai kabar lelucon dianggap sebagai kejadian sebenarnya, atau sebaliknya.

Khusus untuk Google, cara membedakan mana halaman informasi itu hoax atau tidak adalah dengan melihat bagian footer-nya, biasanya Google akan memberikan keterangan tambahan, misalnya bertuliskan "Note: This page was posted for April Fool's Day - 2002". Jadi awas, jangan sampai terperdaya.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar