Cari Artikel

Loading

Wah, Spam Charlie Sheen Serang Facebook dan Twitter

Jika Anda mengklik link dan video mengenai berita kematian aktor ternama Charlie Sheen, maka Anda sudah terkena malware terbaru. Malware ini menyebar melalui Facebook dan Twitter, dimulai dengan tulisan “RIP!” atau “Breaking News”, dan memiliki text yang menyatakan bahwa aktor Charlie Sheen telah meninggal di rumahnya atau karena serangan jantung.

Dengan mengklik link tersebut, maka akan membawa user ke halaman palsu YouTube, dimana jika user mengklik bagian manapun di halaman tersebut, maka secara otomatis akan menyebarkan malaware tersebut ke profil Facebook user sendiri. Kemudian user akan diarahkan untuk mengikuti survei sebelum melihat video tersebut, yang jika diklik akan menambah skema penyebaran clickjacking. Akhirnya, dari situs survei tersebut juga ikut dilakukan penyebaran malware.

Sementara aktor Charlie Sheen belum berkomentar soal hoax ini, dan setidaknya ia segera mengirim pesan ke fans-fansnya dari akun Twitter-nya soal masalah ini. Jika user sudah mengklik link tersebut, Anda bisa masuk ke setting keamanan Facebook dan hapus semua akses ke aplikasi tersebut. Lalu lihat di wall Anda dan hapus posting spam yang sudah terkirim ‘otomatis’ tersebut. Lalu pastikan untuk mengaktifkan software antivirus, dan ingatkan teman Anda soal malware ini.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar