Cari Artikel

Loading

Tak Seperti IE9, Firefox 4 Bisa Jalan di Windows XP

Persaingan antara Internet Explorer 9 dan Firefox 4 akhirnya dimulai. Keduanya sama-sama menawarkan fitur baru dan kecepatan proses menjanjikan, namun salah satu hal yang jadi pembeda adalah IE9 tak bisa berjalan di Windows XP, sementara Firefox 4 bisa!

Inilah yang mungkin jadi perbedaan signifikan di antara keduanya. Dengan demikian, pengguna XP -- yang sebagian di antaranya mengandalkan komputer 'jadoel' -- masih bisa menikmati kemampuan browser si rubah api versi terbaru.

Di sisi lain, Microsoft disayangkan banyak pihak lantaran kurang mengakomodir pengguna XP yang notabene juga merupakan produk yang dilahirkan raksasa software tersebut. Terlebih, jumlah pengguna XP diyakini masih banyak di kalangan pengguna komputer rumahan hingga korporat.

Namun sepertinya, Microsoft berharap pengguna XP dapat hijrah ke Windows Vista atau 7 jika ingin menjajal kemampuan IE9.

Dikutip dari News Factor, Firefox 4 telah mendukung hardware acceleration di Vista dan 7 dengan mengandalkan Direct2D dan Direct3D APIs. Sementara XP tidak mensupport Direct2D, namun Firefox menggunakan Direcr3D di XP untuk mengakomodir partial acceleration di Firefox 4.

Jonathan Nightingale, dari Mozilla Foundation mengatakan bahwa engine JavaScript yang baru di Firefox 4 enam kali lebih cepat dari firefox seri terdahulu. Ia juga merujuk user interface streamline versi baru yang diklaim lebih menghemat ruang.  

Peningkatan kemampuan lainnya di Firefox 4 adalah terkait dukungan untuk HTML 5 dan CSS yang lebih ditingkatkan sehingga halaman web yang kompleks terlihat lebih cantik. Penambahan support WebM memungkinkan video HD disaksikan melalui jendela browser.

Bagi yang berminat mengunduh Firefox 4, beberapa situs sudah menyediakannya seperti di sini atau di sini.





2 komentar:

Anak Rantau mengatakan...

kalau di liat dari kemampuan load lbh cepet mojilla yg lawas gan ketimbang yg baru, yang versi 3.5.15 cos dalam gadjednya terdapat flast load beda dr yg versi 4 beta.

kalau IE.9 malah parah gan, q downlod di home aslinya eh malah hmpir 4 kali downlod dalam penginstalan, beda bgt dengan firefox yg apa bila di donlod n dah selesai tinggal instal g perlu downlod lg dalam instalasi berlangsung, klo di nilai sih emang lbh baik firefok, atau yang lbh bagus lagi ni lebih suka pake safari gan yg di dalam system tersebut sdh ada css3-css5 mengikuti perkembangan adobe flash, jadi untuk para blogger pemula yg kadang sering utak atik template kaya ane ni bisa jadi acuan untuk tata letak, klo pake ini g perlu plugin khusus yg harus di instal seperti firefox, tinggal buka browser n liat tampilan blog kita, klo ada css yg melenceng atau tata letak yg g pas di liat dia akan keliatan, dan kta bisa liat di mana letak pengaturan css yg salah bahkan di situ ada saran berapa px yg harus d pakai buat di sertakan di css blog kita. kalo mau download silahkan klik disini. maaf bukan promaosi, cuma mau share pengalaman aja.

KabKomTI mengatakan...

:)

terimakasih infonya gan, ntar kalo ada waktu, ane coba deh DL + Install safarinya..

Poskan Komentar