Cari Artikel

Loading

Pertama, Seagate Hadirkan Harddisk Internal 3TB untuk Desktop

Bulan Juni 2010 lalu, Seagate telah meluncurkan harddisk 3TB pertama untuk pilihan harddisk eksternal, yang diberi nama Barracuda XT. Kini, Seagate meluncurkan harddisk dengan kapasitas yang sama untuk harddisk internal di dalam komputer desktop, yang diberi nama BlackArmor NAS. Seagate juga membuat harddisk ini kompatibel dengan Windows XP. 

Sebelumnya, Windows XP 32 bit biasanya menggunakan MBR (Master Boot Record) yang hanya dibatasi untuk ukuran partisi drive sebesar 2.19 TB. Hal ini berarti system tidak bisa membaca bila kapasitas harddisk melebihi angka tersebut, dan tidak bisa mengetahui berapa besar kapasitas sebenarnya.

Selain itu, komputer bersistem Windows menggunakan BIOS yang ada di motherboard, yang tidak dapat booting bila kapasitas harddisk melebihi 2.19 TB, karena adanya pembatasan protokol BIOS. Untuk itu, solusinya dapat menggunakan Barracuda XT yang baru ini, menurut Seagate.

Seagate mengklaim bahwa software DiscWizard bawaan harddisk ini mempermudah user untuk menggunakan seluruh kapasitas harddisk 3TB ini, bahkan ketika harddisk digunakan sebagai harddisk utama untuk bootable. Sekali OS terinstal di dalam partisi yang Windows dapat mendeteksinya, maka user dapat meng-instal DiscWizard, yang sekaligus membuat sisa partisi sekunder agar dapat dideteksi oleh Windows.

Ketika digunakan dengan EFI dan Windows Vista versi 64 bit, maka teknologi Barracuda XT 3TB ini akan berfungsi sebagai harddisk biasa 3TB. Barracuda XT support cache 64MB, menggunakan interface kabel Serial ATA 6Gbps, dan kecepatan putaran 7,200 rpm. Hardware harddisk Barracuda XT ini didesain untuk permainan game tingkat tinggi dan penyimpanan super besar, dengan garansi 5 tahun dan dibandrol harga senilai $279.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar