Cari Artikel

Loading

Operator Seluler Berpacu di Tarif Internet

Meski event pameran Mega Bazaaar Computer (MBC) selalu diramaikan oleh vendor maupun distributor perangkat komputer, sejumlah operator selular turut ambil bagian dalam event akbar tersebut. Di sela MBC 2011, para operator lebih cenderung mengedepankan layanan data masing-masing sekaligus tarif internet yang terjangkau.

Misalnya, IM2 (Indosat Mega Media). Anak perusahaan Indosat yang menyediakan jasa internet broadband itu turut meramaikan MBC dengan hadirnya lanjutan produk Broom yakni Broom100. Dengan isi ulang pulsa 100 ribu, pelanggan dapat menikmati Internet sepuasnya dengan kuota sebesar 2GB.

Dengan batas kuota sebesar 2GB, pelanggan dapat menikmati akses internet hingga 384Kbps hingga pemakaian mencapai 2 GB. Setelah 2 GB, kecepatan akan otomatis merosot menjadi 64Kbps. Broom100 akan aktif selama satu bulan dengan masa tenggang selama 90 hari. Selama masa tenggang, akun Broom100 masih aktif namun tidak dapat digunakan.

Jika pelanggan menginginkan akses yang lebih cepat, IM2 juga menawarkan fitur Turbo Speed. Dengan fitur ini, pelanggan dapat menikmati kecepatan akses Internet hingga 3,6Mbps dari 384Kbps. Namun, untuk mendapatkannya pelanggan harus merogoh kocek tambahan sebesar Rp100 ribu untuk 14 hari.

Di ajang yang sama, 3 (Tri) juga sempat meluncurkan voucher khusus internet dengan pilihan kuota yang beragam dan layanan pulsa mandiri secara online. Layanan ini dirilis untuk memudahkan pelanggan mengisi pulsa sendiri, khususnya bagi mereka pengguna device yang tidak menyediakan menu SMS atau USSD browser, seperti iPad.

Dengan layanan isi pulsa mandiri secara online, pelanggan dapat mengisi pulsa dengan cukup menggosok kode voucher yang tertera di voucher lalu masukkan, maka pulsa akan terisi secara otomatis. Adapun nominal yang tersedia mulai 500MB (Rp35 ribu), 1GB (Rp50 ribu), 2GB (Rp75 ribu), dan 5GB (Rp125 ribu).

Selama pameran, Tri memberikan penawaran khusus diantaranya paket bundling Modem Huawei 143 + Kartu Internet Tri 1 GB (3 bulan), semula Rp399 ribu dijual dengan harga Rp299 ribu. Terlebih dahulu pelanggan perlu membeli voucher internet 5GB untuk mendapatkan paket ini.

Khusus di Jakarta, Tri membuka pre-order paket bundling ZTE tablet (7 inci) + kartu internet 1GB (3 bulan) dengan harga Rp 2,2 juta, diskon Rp300 ribu dari harga sebelumnya.

Sementara itu, Telkomsel justru semakin memperkuat layanan voice dengan menghadirkan program tarif berbasis time band. Waktu berlaku promo Gratis Nelpon Berjam-jam variatif. Misalnya, nelpon gratis selama 6 jam mulai pukul 00.00 hingga 10.59 WIB setelah 1 menit nelpon dengan biaya Rp726.

Menurut Aulia E Marinto, Deputy VP Corporate Secretary Telkomsel, program berbasis timeband ini untuk meretensi pelanggan. “Positioning kami sebagai incumbent tidak dalam posisi mengajak berperang tarif. Suara sampai saat ini masih utama. Memang data service menunjukkan pertumbuhan pesat. Kami tetap akan menyiapkan layanan data supaya lebih siap untuk menggantikan suara dan SMS ke depannya,” kata Aulia.

Untuk menikmati fasilitas ini, pelanggan Simpati yang berjumlah 40 juta di Tanah Air akan dikenakan syarat berupa panggilan telepon sedikitnya selama satu menit. Setelah itu, untuk panggilan-panggilan selanjutnya pelanggan memperoleh gratis menelepon enam jam mulai pukul 00.00 hingga 05.59 WIB.

Kemudian dengan menelepon berbayar selama satu menit lagi, mulai pukul 06.00 WIB pelanggan Simpati kembali dapat menggunakan promo telepon gratis ke sesama pelanggan Telkomsel hingga pukul 10.59 WIB.

“Program ini kami lihat sebagai respons terhadap kebutuhan konsumen. Selain itu, program ini hadir untuk meningkatkan penetrasi selular, terutama di daerah-daerah. Di sana, tarif telepon murah maish menjadi kebutuhan dasar,” kata Lindayanti Harjono, VP Product Marketing Telkomsel.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar