Cari Artikel

Loading

Mozilla Kaget IE 9 'Depak' Windows XP

Keputusan Microsoft yang tidak menyediakan Internet Explorer 9 di platfrom Windows XP mengejutkan Mozilla, pembuat browser Firefox. Padahal pengguna XP terhitung masih banyak meski usia OS ini sudah cukup uzur.

Microsoft tentu memiliki alasan mengapa mereka mendepak XP. Menurut raksasa software ini, XP dipandang sudah terlalu tua untuk dibekali browser dengan fitur terkini seperti IE 9. Misalnya fitur optimalisasi CPU dan GPU yang diklaim meningkatkan performa browser secara dramatis.

Apapun alasan Microsoft, sepertinya banyak pihak mempertanyakannya. Dikutip dari ComputerWorld, Johnathan Nightingale selaku direktur Firefox, juga merasa heran mengapa Microsoft mengabaikan XP.

"Bagian paling menarik bagi saya adalah bukan soal ribut-ribut browser mana yang memiliki akselerasi hardware. Yang mengejutkan adalah bahwa akselerasi tersebut tak disediakan untuk Windows XP," ucap Nightingale seakan menyindir Microsoft.

Baik IE 9 dan Firefox 4 mendukung akselerasi hardware di Vista dan Windows 7 dengan Direct2D dan Direct3D API. Namun Mozilla tidak meninggalkan XP begitu saja dan mengaku mengakselerasi Firefox 4 menggunakan Direct 3D di XP.

"Ini membuat kami banyak bekerja. Namun dalam perhitungan kami, Windows XP masih memegang pangsa pasar sekitar 40% sampai 50%. Kami memiliki kewajiban untuk user dan Windows XP adalah bagian yang tidak dapat kami abaikan," imbuhnya.

Sebagai perbandingan, Vista dan Windows 7 jika digabungkan memiliki 38% pangsa pasar dari semua versi Windows yang digunakan bulan lalu. Masih banyaknya pengguna XP membuat pembesut browser lain tetap mensupportnya, termasuk versi terbaru Chrome, Safari dan Opera.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar