Cari Artikel

Loading

Game 3D, Baik atau Berbahaya untuk Mata?

Nintendo sempat diterpa isu bahwa Nintendo 3DS dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan mata pada anak. Sebab, 3DS memiliki gambar 3D yang menyebabkan perhatian fokus mata kanan dan kiri berbeda, dan ini dinilai kurang bagus bagi pertumbuhan mata anak.

Kini sebuah organisasi asosiasi optometric di Amerika justru mengatakan bahwa 3DS bagus untuk mata anak diatas usia tujuh tahun. Bagus dalam artian bisa menjadi alat cek kesehatan mata anak. Namun tetap jadi masalah ketika 3DS dimainkan anak di bawah tujuh tahun dengan frekuensi yang terlalu sering.

Lembaga bernama American Optometric Association mengatakan bahwa anak-anak yang tidak bisa melihat efek 3D dari konsol Nintendo mungkin justru terkena amblyopia--sejenis penyakit mata yang dijuluki 'lazy eye'.

"3DS justru bisa menjadi alat identifikasi apakah anak di bawah enam tahun menderita kelainan mata dan butuh terapi," papar Michael Duenas dari lembaga tersebut.

Duenas menjelaskan bahwa 15 persen dari anak-anak di bawah usia enam tahun terkadang memang memiliki kelainan mata.

"Anak-anak yang merasa malas dan pusing setelah memainkan 3DS sebaiknya diperiksakan," jelasnya seperti kutipan dari techradar, Minggu (20/3/2011).





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar