Cari Artikel

Loading

China Bantah Kacaukan Gmail

Layanan email besutan Google, Gmail, dilaporkan mengalami kekacauan di China. Pihak Google menuding, gangguan layanan Gmail ini disebabkan oleh pemerintah China karena tidak ditemukan masalah secara teknis di Gmail.

Tuduhan ini rupanya sampai ke telinga pemerintah negeri Tirai Bambu itu. Mereka pun menolak dijadikan kambing hitam atas kesukaran warganya dalam mengakses Gmail.

"Tuduhan tersebut tidak bisa diterima," demikian komentar singkat dari Jiang Yu, juru bicara Kementerian China seperti kutipan dari BBC.

Sebelumnya, juru bicara Google memaparkan, user di China kerap mengalami masalah saat coba mengakses Gmail. Ini terjadi sejak akhir Januari lalu. Pengguna sukar masuk homepage Gmail maupun mengirim email. Menurut Google, para teknisinya sudah menyelidiki isu ini dan tak ditemukan masalah teknis di Gmail.

China memang sangat ketat dalam mengontrol internet. Pemerintah negeri Tirai Bambu itu tidak segan memblokir layanan situs-situs populer seperti YouTube, Facebook sampai Twitter. Mereka juga kerap dituding melakukan serangan cyber ke negara-negara Barat. Namun pemerintah China selalu membantah tudingan tersebut.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar