Cari Artikel

Loading

Tips untuk membantu membuat password yang aman dan mudah diingat

Pernahkah kita lupa dengan password sendiri?

Lupa dengan password sendiri banyak dialami oleh banyak orang. Hal ini terjadi mungkin dikarenakan oleh beberapa sebab, seperti terlalu banyak password yang diingat atau password yang terlalu panjang dan rumit.

Tapi memang akan menjadi sebuah dilema ketika kita harus memilih untuk membuat sebuah password yang aman (artinya kemungkinan besar sebuah password yang rumit) dan atau membuat sebuah password yang tidak rumit yang nantinya mudah diingat.

Pertimbangan antara password yang aman dengan yang mudah diingat semestinya dapat berjalan beriringan. Kita dapat menyesuaikannya dengan membuat sebuah password yang aman dan juga tidak sulit untuk dilupakan.
Dibawah ini ada beberapa tips yang dapat membantu para user dalam membuat sebuah password yang aman serta tidak mudah dilupakan:

1. Pilih password yang aman namun mudah diingat
Gunakan password yang cukup familiar bagi kita, seperti nama binatang peliharaan kita atau nama tim favorit kesebelasan sepak bola kita. Sekaligus hindari penggunaan kata seperti "password" atau "123456".

2. Hindari karakter atau tanda baca aneh
Meskipun password dengan kombinasi karakter seperti “dfFe#*23” mungkin sangat sulit untuk ditebak tapi password model seperti ini juga cukup sulit untuk diingat.

3. Jangan terlalu cepat merubah password
Kalau frekuensi mengganti password cukup cepat, maka besar kemungkinan kita akan mengalami kesulitan dalam mengingatnya. Waktu yang ideal untuk rutin mengganti password adalah 90 sampai dengan 120 hari.

4. Jangan gunakan password yang terlampau panjang
Jika terlalu pendek maka password mudah ditebak, tapi sebaliknya jika terlampau panjang maka kita bisa mudah lupa. Pilihlah password yang sedang, yang memiliki 6 sampai 8 karakter.

5. Tulis password tapi simpan di tempat yang aman
Tips ini mungkin bisa membahayakan kalau kita ceroboh menaruh catatan password kita di sembarang tempat. Simpan catatan password kita di tempat yang aman atau bisa juga menggunakan program password manager yang dapat membantu kita mengelola password.

Semoga bermanfaat.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar