Cari Artikel

Loading

Poin-poin yang perlu dipertimbangkan ketika memilih membeli laptop atau komputer desktop

Misalkan saat ini kita sedang memiliki uang dan memutuskan untuk membeli sebuah komputer tapi kita bingung mana yang harus dipilih, apakah membeli sebuah laptop atau membeli komputer desktop.

Jika kita sedang dalam kondisi seperti itu, maka memang langkah terbaik adalah jangan terburu-buru memutuskan pilihan, tetapi pertimbangkanlah beberapa hal sesuai dengan kebutuhan kita.

Boleh jadi ketika kita terburu-buru untuk memilih membeli sebuah laptop dan ternyata beberapa saat kemudian kita menyesali pilihan tersebut, begitu juga sebaliknya.

Dibawah ini ada beberapa poin-poin penting yang dapat menjadi pertimbangan kita ketika sedang dihadapkan pada pilihan apakah harus membeli sebuah laptop ataukah sebuah komputer desktop:

1. Pastikan apakah nantinya kita perlu membawa komputer kemana-mana beserta kita (misalkan untuk perjalanan bisnis). Jika kasusnya begitu maka belilah sebuah komputer laptop.

2. Jika kita tidak terlalu membutuhkan sebuah komputer yang selalu dibawa-bawa tapi juga tidak terlalu membutuhkan ruang yang luas maka pilihlah komputer desktop yang 'langsing', baik itu casing maupun monitornya.
3. Perlu kita ketahui bahwa dengan harga yang sama, maka kita akan mendapatkan sebuah komputer desktop yang lebih cepat dan lebih banyak kegunaannya dibanding laptop.

4. Perlu kita ketahui juga dengan komputer laptop maka nantinya kita akan dihadapkan dengan ongkos perbaikan yang lebih banyak dan sering.

5. Belilah komputer desktop kalau kita banyak bergerak di bidang grafis atau multimedia atau memainkan game action karena layar laptop lebih kecil dan beresolusi rendah.

6. Pilih komputer desktop jika kedepannya kita butuh untuk terus mengupgrade hardware komputer.

Tambahan:

- Kecuali kita seorang pelajar/mahasiswa maka pastikan untuk membeli laptop yang fungsinya benar-benar dapat mewakili komputer desktop karena salah satu kesulitan ketika menggunakan laptop adalah layar dan keyboard yang lebih kecil sehingga bisa jadi kurang nyaman jika dipakai terlalu lama.

- Berbicara tentang nilai jual kembali, maka nilai jual laptop bisa lebih tinggi dibanding komputer desktop.

- Pada kecepatan clock (clock speed) yang sama, prosesor laptop lebih lambat dibandingkan prosesor komputer desktop.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar